Looking for something?

In Standard

Gelar Rakornas Pariwisata II 2018, Kemenpar Genjot Tiga Program Strategis

Gelar Rakornas Pariwisata II 2018, Kemenpar Genjot Tiga Program Strategis

Kementerian Pariwisata (Kemenpar)  menggelar evaluasi kemajuan capaian target 17 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia di tahun ini. Evaluasi itu, digelar melalui Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata ke-II tahun 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kemenpar, Kamis pagi, 26 Juli 2018.

Rakornas dibuka oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dan dihadiri para eselon  1,2,3 dan 4 serta perwakilan Dinas Pariwisata dari berbagai daerah, asosiasi pariwisata, airlines dan juga pemangku kepentingan di sektor pariwisata lainnya. Tak ketinggalan Putri-putri binaan Yayasan EL JOHN Indonesia juga hadir di acara penting ini.

Dalam sambutannya Menpar mengatakan ada tiga program  yang dijalankan untuk memenuhi target kunjungan wisman tersebut yakni Program kerjasama promosi dengan airlines dan wholesaler, program Hot Deals dan Competing Destination Model (CDM).

Sementara untuk program  paket Hot Deals, telah ditunjuk Organizing Committee (OC) untuk mengelola termasuk melakukan monitoring dan evaluasi. OC Hot Deals Bali dan Jakarta akan mulai bertugas pada Agustus hingga Desember 2018, sedangkan OC Hot Deals Kepri telah bertugas sejak April 2018 dengan pencapaian hingga 20 Juli 2018 sebesar 141.180 (EoY: 28.4%) wisman dari seluruh fokus pasar.

Kemenpar mempromosikan Paket Hot Deals tersebut melalui berbagai program pemasaran antara lain sales meeting, consumer selling, penjualan tiket pada counter-counter di pelabuhan, serta promosi pada media cetak, elektronik, dan online.

Program terakhir yang  tak kalah penting adalah  Competing Destination Model (CDM). CDM sebagai metode yang dilakukan penyedia platform data driven marketing dalam mengarahkan calon wisman yang sudah memiliki tujuan wisata ke destinasi tertentu. Dengan CDM memungkinkan mengambil data travellers dari berbagai sumber online; profiling dan segmentasi data travellers; lalu menargetkan travellers tersebut dengan kampanye iklan yang customised dan targeted.

 

Rangkaian kegiatan Rakornas Pariwisata II-2018 diikuti sekitar 250 peserta dari kalangan akademisi, pelaku usaha, pemerintah, komunitas dan media (Pentahelix). Rakornas ini diisi dengan diskusi/workshop seputar progres capaian target kunjungan 17 juta  wisman pada tahun ini terbagi dalam sesi insentif aksesibilitas, hot deals, dan CDM dengan menghadirkan nara sumber dari kalangan pelaku bisnis dan professional. Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatangan Letter of Intent (LoI), Memorandum of Understanding (MoU), dan Memorandum of Implementation Arrangement (MoIA).

Sebanyak 11 dokumen LoI ditandatangi oleh airlines yang baru pada tahap berminat untuk bekerjasama dengan Kemenpar, sedangkan 8 dokumen MoU ditandatangani oleh airlines yang sudah sering berkomunikasi dan bersedia untuk bekerjasama pada aktivitas tertentu, namun belum sampai membicarakan numbers. Pada kesempatan itu juga ditandatangani 2 dokumen MoIA oleh airlines yang sudah mengajukan incremental wisman, sehingga numbers bisa dicatat sebagai komitmen

0 Comment 724 Views

Bagas - Personal Assistant. MJS

Related Post

Leave a Reply