Looking for something?

In Standard

Kebun Raya Terbesar di Indonesia Bakal Ada di Kotawaringin Timur

Kebun Raya Terbesar di Indonesia Bakal Ada di Kotawaringin Timur

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menggenjot pembangunan Kebun Raya Sampit     di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Ditargetkan pembangunannya rampung pada tahun 2020. Saat ini, pembangunan kebun raya tersebut sudah mencapai 50 persen

Kebun seluas 607,63 ini,  diklaim sebagai kebun raya terbesar di Indonesia.  Di dalamnya nanti ada area-area perkemahan yang dibuka untuk umum sehingga masyarakat bisa berkunjung dan berkemah.

“Kebun Raya Sampit akan menjadi kebun raya terluas di negeri ini, karena kebun raya terluas saat ini yaitu Kebun Raya Bukit Sari di Provinsi Jambi hanya seluas 425,50 hektare,” kata Kepala Dinas Kehutanan Kotawaringin Timur (Kotim) H Sanggul Lumban Gaol di Sampit, Kalimantan Tengah, Senin, 12 November 2018.

Dia menegaskan, keberlanjutan pembangunan Kebun Raya Sampit memerlukan campur tangan pihak ketiga karena biaya yang dibutuhkam sangat besar. Jika hanya anggaran pemerintah daerah maka tidak akan mungkin bisa selesai dalam waktu cepat.

“Pemerintah daerah sangat berterima kasih kepada perusahaan-perusahaan yang peduli membantu melalui programcorporate social responsibility atau CSR mereka. Sudah Rp7 miliar sampai Rp8 miliar dibantu perusahaan untuk membangun badan jalan sepanjang 18 kilometer dengan lebar 22 meter, sehingga nanti mobil bus wisatawan bisa masuk dan parkir di pinggir jalan dari zona ke zona lainnya,” ujar Sanggul.

Sanggul mengungkapkan pembangunan Kebun Raya Sampit memakan biaya sebesar Rp1,4 Triliun. Dana tersebut, dibagi menjadi beberapa  tahap penggunaannya yakni tahap persiapan, pembangunan zona penerima, zona pengelola, zona rekreasi, zona koleksi serta prasarana dan sarana umum.

Saat ini, yang sudah dibangun adalah  jalan sepanjang 17 kilo meter  menuju Kebun Raya Sampit. Pambangunan jalan yang menjadi pembangunan awal Kebun Raya Sampit sesuai dengan master plan. Setelah itu, pada tahun 2019 akan dilanjutkan dengan pembangunan area penerima area penerima, termasuk gerbang yang berbentuk panah. Kebun Raya Sampit dibangun di kilometer 28 hingga 32 di Jalan Jenderal Sudirman, meliputi Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Baamang dan Kotabesi.

“Pada 2019 akan lebih dioptimalkan pembangunannya. Kebun Raya Sampit sedang tahap pembangunan sesuaimaster plan,” ungkap Sanggul.Sanggul mengungkapkan jika sudah dioperasikan, Kebun Raya Sampit  bakal  menciptakan banyak  peluang usaha. Karena itu, diharapkan Kebun Raya ini dikelola oleh sebuah perusahaan daerah atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) . Kotawaringin Timur sudah memiliki Peraturan daerah tentang Perusda atau BUMD sehingga tinggal membentuk perusahaannya yang nantinya mempersiapkan diri untuk menangkap peluang tersebut.

“Banyak peluang usaha bagi daerah di Kebun Raya Sampit nantinya, seperti penginapan, mengelola perkemahan, wahana outbound dan peluang-peluang lain yang bisa dikomersialisasikan. Sementara itu Dinas Lingkungan Hidup hanya sebagai pembina dan mengarahkan,” kata dia.

Kebun Raya Sampit akan menjadi pusat konservasi tumbuhan kerangas Kalimantan dengan ikon pohon damar Borneo (agathis borneensis warb). Tim ahli menemukan 155 jenis tumbuhan, 23 jenis burung, serta buah-buahan lokal di Kebun Raya Sampit. (Sumber Antara)

0 Comment 1255 Views

Bagas - Personal Assistant. MJS

Related Post

Leave a Reply