Looking for something?

In Standard

Pembekalan Bagi Peserta Putra-Putri Pariwisata Nusantara (P3N) 2017

Pembekalan Bagi Peserta Putra-Putri Pariwisata Nusantara (P3N) 2017

Hari ketiga karantina Putra Putri Pariwisata Nusantara (P3N) kembali berlangsung. Untuk kegiatan hari ini adalah pembekalan bagi para peserta P3N yang berlangsung di Hotel Ibis Budget Daan Mogot 1 Mei 2017.

Kegiatan hari ini dihimpun sejak pagi 1 Mei 2017 adalah presentasi dari seluruh peserta P3N yang mewakili daerahnya masing-masing. Setiap peserta menjelaskan tentang daya tarik dan potensi wisata yang dimilikinya daerahnya baik dari destinasi, budaya dan kuliner. Selain itu ada juga yang mempresentasikan mengenai strategi berbasis pariwisata untuk Indonesia.

Sesudah presentasi yang dilakukan oleh para finalis P3N diisikan pembekalan oleh Lukman Daulay yang merupakan Editor dari Majalah Travel Club, Cindy Aguita Event Manager dari Putri Pariwisata Indonesia (PPI) dan Johnnie Sugiarto selaku Founder & Chairman El John Indonesia.

Lukman menjelaskan mengenai dasar-dasar dalam jurnalistik yang nantinya akan membantu para peserta untuk menuliskan pengalaman-pengalaman serta cara membuat sebuah artikel yang nantinya akan digunakan untuk mempromosikan pariwisata Nusantara. Sedangkan Cindy menjelaskan perihal tata etika yang merupakan hal penting bagi seorang Pageants kedepannya.

Di akhir pembekalan adalah Johnnie yang memberikan penjelasan mengenai Yayasan El John Indonesia kepada para peserta P3N. Mulai dari lahirnya Yayasan El John Indonesia, kegiatan yang digelar, program-program hingga misi mulia yang diemban Yayasan El John Indonesia dikupas satu persatu oleh Pendiri Indonesia Tourism Forum ini dihadapan para peserta.

Johnnie menyampaikan bahwa Yayasan yang didirikannya ini, ingin membawa nama Indonesia tampil di panggung dunia. Kegiatan pageants yang digagas Yayasan El John Indonesia sebagai jembatan untuk memperkenalkan nama Indonesia kepada masyarakat internasional. Seperti pemilihan Putri Pariwisata yang pemenangnya mewakili Indonesia di ajang Miss Tourism World atau Miss Tourism International.

“Kita ingin nama Indonesia disebut di panggung Indonesia. Dengan disebut nama Indonesia maka Dunia akan mengenal Indonesia,” kata Johnie dalam pemaparannya.

Tidak hanya nama Indonesia, namun budaya Indonesia juga menjadi misi yang dikedepankan Yayasan El John Indonesia di pentas dunia, seperti kostum nasional yang selalu dibawakan perwakilan Indonesia di ajang pemilihan Putri Pariwisata Dunia maupun Supermodel Internasional.

Salah satu materi dari Johnnie yang membuat peserta antusias adalah soal budaya. Bahkan beberapa finalis banyak yang mengajukan menanyakan pertanyaan terkait Yayasan El John Indonesia yang berusaha memprioritaskan budaya untuk dibawa ke pentas dunia.

“Karena saya perihatin dengan perkembangan budaya di masyarakat dan di Indonesia khususnya,” jawab Johnnie.

Johnnie Mengatakan bahwa melihat minat warga asing untuk mempelajari budaya Indonesia jauh lebih tinggi dibandingkan warga Indonesia sendiri merupakan suatu bentuk keprihatinan Johnnie dalam melihat perkembangan budaya Indonesia dewasa ini. Apalagi pengalamannya ketika melihat warga asing yang menggelar seni tari Indonesia di Australia yang penampilannya lebih hebat dibanding warga asli Indonesia.

Karantina finalis P3N 2017 akan berakhir pada Sabtu 6 Mei 2017 dimana pada tanggal 5 Mei merupakan Malam Grand Final dari P3N 2017 yang dilangsungkan di Balairung Kementerian Pariwisata RI. (hafiz)

 

0 Comment 1025 Views