Looking for something?

In Standard

Menpar: Calender of Event 2019 Diluncurkan September Tahun Ini

Menpar: Calender of Event 2019 Diluncurkan September Tahun Ini

Menteri Pariwisata  Arief Yahya menyebut Calender of Event Pariwisata sangat membantu  mendulang jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia. Dengan kalender ini, wisman dapat mengetahui atraksi-atraksi  apa saja yang disuguhkan.

Menpar  mengakui beragamnya  budaya yang ada di Indonesia,  justru menyulitkan pihak Kemenpar  memilih yang terbaik agar  dapat masuk di kalender pariwisata. Untuk mengatasi kesulitan itu, dibentuklah Kurator yang bertugas memilih  atraksi budaya  yang dapat dijual kepada wisman.

“Saya semula heran  negara  sekaya Indonesia tidak punya calendar of event. Tetapi itulah problemnya ketika kita memiliki semuanya. Jadi  kalo kita mempunyai sedikit seperti negara lain gampang, tapi Indonesia yang kaya karena kayanya itu susah memilihnya. Akhirnya kita bentuk korator, dipilih budayawan-budayawan yang unggul disitu pilihnya  top ten kalender nasional.  Lalu muncul  top 100 kalender nasional,” kata Menpar saat diwawancarai  oleh Founder Yayasan EL JOHN Indonesia Johnnie Sugiarto, Senin, 20 Agustus 2018. Wawancara ini, dapat disaksikan di website EL JOHN TV (www.eljohn.tv)

Menpar menjelaskan calendar of event  baru dibuat pada tahun ini. Ada 100 event pariwisata yang masuk calendar of event  Wonderful Indonesia, dan hingga saat ini event-event  tersebut masih  berjalan. Menpar berharap untuk calendar of event tahun 2019 dapat diluncurkan bulan depan.

“Yang sekarang tahun  2018 sudah berjalan. Nanti  tahun 2019 kita harapkan September ini, sudah jadi top 10 dan top 100 calender of event national.  Nah pointnya  kita harus membentuk kuratornya disitu. Jadi  menilai apakah even-even tersebut pantas , layak ditampilkan di level lokal, regional /provinsi ataukan nasional,” ujar Menpar.

Untuk diketahui, Calender of Event  2017 menjadi pembahasan utama di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepariwisataan  pada akhir September 2017 lalu.  Rakornas yang berlangsung dua hari ini menyimpulkan Kemenpar, seluruh dispar dan pemangku kepentingan pariwisata lainnya menyepakati untuk   memilih 100 Wonders Events (event utama) yang tersebar di seluruh Indonesia mewakili keunikan budaya

Di antara 100 event ini, nanti akan dipilih 10 event terhebat, paling spektakuler, yang akan dipromosikan Kemenpar melalui operational cost dan media strategy (P-O-S-E) serta Pre On Post Event (POP).

0 Comment 787 Views

Bagas - Personal Assistant. MJS

Related Post

Leave a Reply